Evaluasi BAB 4 Buku Paket PAI Kelas 12 Kurikulum 2013

Evaluasi BAB 4 Buku Paket PAI Kelas 12 Kurikulum 2013

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e yang dianggap sebagai
jawaban yang paling tepat!
1. Perhatikan penggalan ayat berikut!
Sikap dan perilaku yang sejalan dengan pesan ayat di atas dalam
berdakwah adalah . . . .
a. lemah lembut
b. berkata jujur
c. menepati janji
d. tegas dalam berdakwah
e. konsekuen dengan perkataan
2. Perhatikan penggalan ayat berikut!
Akhlak terpuji yang terdapat dalam ayat di atas antara lain ialah . . . .
a. memintakan ampun dan bersabar
b. memberi maaf dan meminta maaf
c. meminta maaf dan berkata santun
Evaluasi
Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 73
d. meminta maaf dan memintakan ampun
e. memberi maaf dan memintakan ampun
3. Arti kata adalah . . . .
a. memintakan ampun dan bersabar
b. memberi maaf dan meminta maaf
c. meminta maaf dan berkata santun
d. mohonkan ampun mereka
e. memberi maaf dan memintakan ampun
4. Arti kata adalah . . . .
a. memberi maaf dan meminta maaf
b. meminta maaf dan berkata santun
c. dan mintakan ampun untuk mereka
d. meminta maaf dan memintakan ampun
e. memberi maaf dan memintakan ampun
5. Arti kata adalah . . . .
a. kamu berserah diri
b. kamu berpendapat
c. kamu bertekad bulat
d. kamu bermusyawarah
e. kamu menolak pendapat
6. Maksud dari kata adalah . . . .
a. perintah beribadah
b. perintah berakhlak mulia
c. perintah bermusyawarah
d. perintah berserah diri kepada Allah Swt.
e. perintah tunduk dan patuh kepada Allah Swt.
7. Berdasarkan Q.S. ²li 'Imr±n/3:159 bahwa persoalan yang dihadapi oleh
umat manusia harus diselesaikan . . . .
a. secara damai
b. melalui musyawarah
c. melibatkan pejabat dan tokoh setempat
d. melalui jalur hukum
e. dengan memberi kesempatan pihak lain untuk memilki kesadaran

8. Agar musyawarah dapat berjalan dengan lancar, maka surat Q.S.
²li 'Imr±n/3:159 menekankan kepada peserta musyawarah agar
membersihkan jiwanya dengan . . . .
a. saling memaafkan dan memohonkan ampunan kepada Allah Swt.
b. saling menahan diri dan menjaga emosinya
c. saling menerima kritik, saran dan protes sekalipun.
d. saling membangun komunikasi yang harmonis dalam suasana yang
kondusif
e. saling menyelamatkan diri masing-masing agar tidak termakan issu
dan terpancing emosinya.
9. Arti kata adalah…
a. dan berlemah lembutlah terhadap sesama mereka
b. dan janganlah berlaku kasar terhadap sesama mereka
c. dan janganlah berhati keras terhadap sesama mereka
d. dan maafkanlah mereka atas segala kesalahannya
e. dan bermusyawarahlah di antara mereka dalam urusan itu
10. Perhatikan ayat berikut!
Ayat di atas memberikan gambaran bahwa adanya berbagai konflik antara
agama, golongan dan paham dalam suatu agama banyak disebabkan oleh
cara menyelesaikan perbedaan di antara mereka yang kurang tepat dan
bijaksana. Pernyataan di bawah ini, yang tidak termasuk kandungan ayat
tersebut adalah . . . .
a. lemah-lembut dalam mengajak umat manusia kepada Islam
b. pemaaf, guna mencari solusi dalam menyelesaikan masalah
c. dermawan, karena Allah Swt. mencintai orang yang dermawan
d. suka bermusyawarah dalam menyelesaikan berbagai masalah
e. menanamkan nilai-nilai demokrasi dalam berbangsa dan bernegara

Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 75
II. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan tepat!
1. Sebutkan tiga sifat yang seharusnya dimiliki oleh setiap orang yang
melakukan musyawarah!
2. Mengapa al-Qur'±n menganjurkan musyawarah secara kolektif? Jelaskan!
3. Jelaskan sikap demokrtis yang sejalan dengan Q.S. ²li 'Imr±n/3:159!
4. Di mana titik temu antara konsep musyawarah dan konsep demokrasi!
5. Jelaskan pandangan Yusuf al-Qardhawi tentang demokrasi secara singkat!
III. Berilah tanda checklist (√) pada kolom di bawah ini sesuai kemampuanmu
dalam membaca dan menghafal ayat dan hadis berikut secara tartil!
Kemampuan
membaca Q.S. ²li
'Imr±n/3:159
Sangat
lancar Lancar Sedang Kurang
lancar
Tidak
lancar
Kemampuan
membaca hadis yang
diriwayatkan At-
Tirmidzi
Sangat
lancar
Lancar Sedang Kurang
lancar
Tidak
lancar

Comments

Popular posts from this blog

KELEMAHAN, KELEBIHAN, DAN STUKTUR PEMBELAJARAN DARI KURIKULUM TAHUN 1947, 1968, 1975, 1984, 1994, DAN KURIKULUM 2004

Soal Essay Sistem Operasi Jaringan TKJ Kelas 12

Contoh Argumentative Essay tentang Abortion