Latih Uji Kompetensi hal 29 Paket Sejarah Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013

Latih Uji Kompetensi hal 29 Paket Sejarah Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013

1.      1. Tuliskan contoh konflik di Indonesia yang berkait dengan vested interest, yang terjadi antara tahun 1948-1965, Jelaskan!
Jawab :
-          Pemberontakan APRA, berkepentingan agar keberadaan negara Pasundan dipertahankan sekaligus menjadikan APRA sebagai tentara negara Federal di Jawa Barat.
-          Andi Aziz bertujuan agar hanya KNIL yang dijadikan pasukan APRIS di Negara Indonesia Timur.
-          RMS ingin memisahkan diri dari Indonesia dan ingin menggantinya dengan Republik Maluku Selatan
2.     2.  Jelaskan Perbedaan Latar Belakang terjadinya pemberontakan DI/TII di Jawa Barat dengan DI/TII di Aceh!
Jawab :
-          Jawa Barat            : Karena keputusan Renville harus pindahnya pasukan RI dari daerah-daerah yang diklaim dan diduduki Belanda ke daerah yang dikuasai RI. Kartosuwiryo dengan DI/TII nya tidak mau mengakui pemerintah RI di Jawa Barat dan ingin mendirikan negara Islam.
-          Aceh          : Tahun 1950 pemerintah menetapkan wilayah Aceh sebagai bagian dari provinsi Sumatra Utara. Bagi Persatuan Ulama Seluruh Aceh, pemerintah terlihat tidak menghargai masyarakat Aceh sehingga Daud Beureuh menyatakan Aceh sebagai bagian dari Negara Islam Indonesia.
3.    3.   Jelaskan, mengapa sebagian pasukan KNIL tidak mau bergabung ke dalam APRIS sesuai dengan keputusan yang diambil dalam perundingan KMB!
Jawab :
Karena KNIL tidak mau dibubarkan jiga bergabung dengam APRIS, tentara-tentara KNIL sudah dididik oleh ideologi yang diterapkan Belanda, dan meras tidak puas terhadap APRIS
4.    4.   Tuliskan pendapat kamu mengenai persamaan atau perbedaan antara latar belakang terjadinya aneka pemberontakan pada periode 1948-1965, dengan beberapa konflik pusat-daerah pada masa sekarang!
Jawab :
Persamaan       : pemberontakan pada periode 1948-1965 dengan masa sekarang adalah sama-sama berkaitan dengan ideologi, kepentingan dan sistem pemerintahan.
Perbedaan       : pada masa sekarang lebih mengacu pada demo yang melibatkan masyarakat dengan jumlah yang besar.
5.   5.    Tuliskan 5 (lima) hikmah yang bisa diambil dari pergolakan yang pernah terjadi di Indonesia pada periode 1948-1965!
Jawab :
-          Pembentukan tentara yang lebih professional
-          Kenailah sejarah bangsa sendiri
-          Tidak memperturutkan hawa nafsu
-          Musyawarah dan saling menghargai pendapat orang lain
-          Tidak mudah terpengaruh dengan ajakan-ajakan sesat.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment