Perilaku Sebagai Bentuk Dukungan Terhadap Upaya Penegakan HAM



Perilaku Sebagai Bentuk Dukungan Terhadap Upaya Penegakan HAM

A.    Di Lingkungan Keluarga
1.      Menghormati dan menyayangi adik atau kakak
2.      Mematuhi nasihat dan perintah orang tua
3.      Tidak membeda-bedakan antara anak, baik anak sulung ataupun anak bungsu
4.      Tidak memaksakan kehendak kepada anak, orang tua atau anggota keluarga lainnya
5.      Saling sayang menyayangi antar anggota keluarga
B.     Di Lingkungan Sekolah
1.      Tidak memaksakan kehendak kepada teman atau guru
2.      Mentaati tata tertib Sekolah dengan baik
3.      Saling hormat mengormati antar murid dengan murid, dengan guru dan warga sekolah
4.      Tidak membeda-bedakan teman
5.      Bersikap adil kepada semua murid
C.     Di Lingkungan Masyarakat
1.      Tidak menghardik pengemis atau kaum dhuafa lainnya
2.      Membbantu keluarga ketika kesusahan
3.      Tidak menyinggung perasaan tetangga
4.      Menghargai pendapat orang lain
5.      Berkomunikasi dengan baik dan santun
D.    Di Lingkungan Bangsa dan Negara
1.      Memahami dan mentaati instrumen HAM yang berlaku
2.      Memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat
3.      Mematuhi semua peraturan yang ada di suatu pemerintahan
4.      Masyarakat ikut serta membantu kebijakan pemerintah
5.      Hakim berperilaku adil dalam memutuskan perkara

Tugas Kelompok 1.2 Paket PKN Kelas 11 Kurikulum 2013
1.      Contoh kasus-kasus pelanggaran HAM
A.    Kasus pembunuhan Munir
Hak yang dilanggar           : melanggar hak hidup orang lain
Penyebab               : kala itu Munir sedang menangani kasus pelanggaran HAM
Penyelesaian          : belum diketahui siapa yang membunuh Munir tetapi diduga oknum      yang ingin menyingkirkannya.
B.     Kasus Marsinah
Hak yang dilanggar           : hak hidup
Penyebab               : berawal dari aksi mogok kerja yang dilakukan marsinah dan buruh   CPS. Merekamenuntut kepastian kepada perusahaan yang telah melakukan PHK tanpa alasan.
Penyelesaian: sejumlah pemimpin PT. CPS didakwa sebagai dalang pembunuhan, vonis 4-17 tahun dijatuhkan. Namun setelah mengajukan banding mereka dibebaskan dan hingga saat ini pembunuh Marsinah tidak diketahui.
C.     Kasus Tragedi Trisakti
Hak yang dilanggar           : hak kebebasan menyampaikan pendapat dan hak hidup
Penyebab               : krisis finansial Asia sepanjang tahun 1997-1998. Mahasiswa melakukan aksi demonstrasi besar-besaran di genung DPR/MPR. 4 mahasiswa tewas tertembak.
Penyelesaian          : hingga kini kasus ini belum diselesaikan dengan alasan kelengkapan sidang belum terpenuhi.
D.    Kasus kerusuhan Mei, 13-15 Mei 1998
Hak yang dilanggar           : hak menyampaikan pendapat dan hak hidup
Penyebab               : kerusuhan diawali oleh krisis finansial Asia dan dipicu oleh Tragedi Trisakti dimana 4 mahasiswa tewas tertembak dalam tragedi itu.
Penyelesaian          : sampai bertahun-tahun pemerintah Indonesia belum melakukan tindakan apapun terhadap nama-nama yang dianggap kunci dari peristiwa kerusuhan tersebut.
E.     Kasus Konflik Sampit
Hak yang dilanggar           : hak hidup, hak kelangsungan hidup dan hak untuk tumbuh dan berkembang
Penyebab               : kesenjangan sosial antara warga suku Dayak dengan warga imigran dari Madura. Warga Dayak merasa tersaingi oleh warga Madura.
Penyelesaian          : polisi menahan seorang pejabat lokak diduga sebagai dalang dalam kerusuhan ini.

2.      Pelanggaran HAM yang terjadi di lingkungan sekitar

No.
Lingkungan
Contoh Pelanggaran HAM
1.       
Keluarga
a)      Pemaksaan kehendak terhadap anggota keluarga
b)      Menyuruh hal-hal yang berat kepada adik
c)      Kekerasan dalam rumah tangga
2.       
Sekolah
a)      Ejek-ejekan antar teman
b)      Perkelahian antar siswa
c)      Tawuran
3.       
Masyarakat
a)      Pembedaan antara si miskin dan si kaya
b)      Kerusuhan antar RT
c)      Pembagian raskin yang tidak adil


Previous
Next Post »
Thanks for your comment