Proposal Membuka Usaha Keripik Nangka "Nang Crunch"


Proposal Membuka Usaha 

Keripik Nangka "Nang Crunch"





BAB I
PENDAHULUAN
    1. Latar Belakang
Buah nangka adalah buah yang gampang dicari. Buah nangka selain baunya harum dan dagingnya manis, buah nangka juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan antara lain mengurangi penyakit jantung, mencegah anemia, dan juga anti kanker. Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, buah nangka juga dapat diolah menjadi produk pangan yang memiliki nilai jual, salah satunya adalah Keripik nangka.
Keripik nangka adalah salah satu bentuk produksi industri yang mengolah buah nangka menjadi keripik. Keripik merupakan makanan ringan yang sangat digemari oleh masyarakat, karena rasanya yang gurih dan nikmat. Keberadaan industri semacam ini sangat berpengaruh dalam meningkatkan ekonomi masyarakat lokal, karena dapat menyerap tenaga kerja, sekaligus memberikan nilai tambah pada buah-buahan dan dapat menjadikan sebagai sumber pendapatan.
Mengingat saat ini produksi keripik mulai menjamur di pasaran, karena itu kami ingin ikut berkompetisi dibidang yang sama yaitu dengan mendirikan usaha Keripik Nangka “Nang Crunch”. Meskipun sama-sama bergerak di bidang produksi makanan ringan, namun kami ingin mencoba dan memperkenalkan makanan ringan yang lebih dari pada yang lain

2.1 Tujuan
  1. Mendirikan usaha mandiri yang dapat membuka peluang kerja dan mengangkat perekonomian masyarakat.
  2. Memenuhi kebutuhan konsumen terhadap makanan ringan.
  3. Meningkatkan inovasi serta kreativitas dalam mengolah produk camilan yang murah, sehat, dan bergizi.








BAB II
ASPEK PRODUKSI

2.1 Deskripsi Usaha
Jenis produk yang kami tawarkan berupa keripik yang berbeda dari produk lainnya, yang ada di Magelang dan sekitarnya. Dari buah nangka, kami olah sedemikian rupa sehingga menghasilkan cita rasa yang khas. Keunikan yang dimiliki produk ini sendiri yaitu berbahan dasar dari buah nangka asli, memiliki rasa manis yang khas, crispy, tahan lama, bebas dari bahan pengawet, menyehatkan, dan cocok untuk dijadikan camilan keluarga atau teman ngobrol di waktu santai.
Selain itu, dalam melakukan pengolahan, kami memilih bahan yang berkualitas, sehingga kualitas mutu terjamin. Penambahan nama dan pengemasan yang unik, diharapkan dapat menarik konsumen untuk membeli produk kami. Pengelolaan terhadap usaha ini terbilang mudah, dan cepat diterima masyarakat. Kami berharap dari usaha ini, nantinya bisa berkembang dengan pesat serta memberikan laba yang cukup besar.
2.2 Rencana Pemasaran
  1. Masyarakat sekitar Magelang.
  2. Masyarakat di luar daerah Magelang
  3. Masyarakat pecinta makanan ringan

2.3 Proses Produksi

Bahan yang Dibutuhkan
  • buah nangka segar, tidak terlalu matang 1 kg
  • air 1½ liter
  • kapur sirih 100 gram
  • garam 75 gram
  • gula pasir 150 gram
  • minyak goreng 2 liter




Cara membuat Keripik Nangka:
  1. Kupas buah nangka dan bersihkan kulit beserta jeraminya, belah daging buah, buang bijinya lalu potong ujung-ujungnya.
  2. Rendam buah nangka dangan air larutan kapur sirih hingga 5 jam
  3. Cuci bersih buah nangka kemudian tiriskan hingga benar-benar kering
  4. Untuk mendapatkan hasil yang sedikit mengembang sebaiknya buah yang telah dicuci dijemur dulu selama 5 jam
  5. Kemudian masukkan kedalam mesin vacuumfrying (mesin penggoreng hampa udara) dengan minyak yang dipanaskan pada suhu rendah tidak melebihi 90oC
  6. Goreng hingga matang dan buih pada minyak semakin mengecil atau berkurang, angkat dan tiriskan.
  7. Simpan keripik nangka kedalam wadah kedalam wadah atau plastik kedap udara supaya rasa renyah dan gurihnya tahan lama
2.4 Kapasitas Produksi
350 buah/bulan
1 buah = 5 kg
Daging buah nangka = 3 kg x 350 buah = 1050 kg
Jumlah produksi = 3000 produk/bulan
          = 100 produk/hari
Jadi, perkiraan penjualan selama satu bulan adalah menghasilkan 3000 produk dan sekitar 100 produk perhari yang akan disebar/didistribusikan di wilayah Magelang dan sekitarnya. Jika permintaan meningkat, jumlah produksi perhari dapat dinaikkan








BAB III
ASPEK PEMASARAN
    1. Peluang Pasar

Buah Nangka bukan nama asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Buah yang terkenal dengan rasa manis ini tentu memiliki banyak penggemar. Tak hanya manis saja, buah nangka juga memiliki kadar air yang tinggi serta vitamin C, vitamin A, Kalsium, zat besi, niasin dan riboflavin yang tentu saja sangat dibutuhkan oleh tubuh.
Namun Nangka tidak hanya bisa dinikmati langsung saja, melainkan bisa dibuatkan suatu cemilan yang gurih dan renyah bernama Keripik Nangka. Keripik Nangka “Nang Crunch” akan sangat digemari oleh masyarakat karena rasa dari nangka itu sendiri yang manis.
Peluang pasar untuk keripik nangka tentu saja masih terbuka lebar, karena saat ini belum banyak toko oleh-oleh atau pasar yang menyediakan keripik nangka sebagai jajanannya. Untuk itu kami di sini dengan senang hati akan mengembangkan usaha Keripik Nangka “Nang Crunch” yang akan kami geluti. Karena kami yakin masyarakat akan tertarik dengan keripik yang rasanya enak, lezat dan gurih serta masih sulit untuk ditemukan di daerah sekitar.

    1. Pasar Sasaran

Target Pemasaran Keripik Nangka “Nang Crunch” yang kami pilih meliputi :
  1. Remaja
  2. Dewasa hingga usia 50 tahun
  3. Masyarakat Kelas atas
  4. Masyarakat Kelas menengah ke bawah
  5. Masyarakat pecinta makanan ringan (Cemilan)

    1. Bauran Pasar

  1. Price
Perencanaan bahan produksi dan alat produksi akan kami lakukan dengan sungguh-sungguh agar terciptanya harga produk yang rendah namun tetap berkualitas. Harga produk kami akan sangat terjangkau oleh masyarakat karena kami memiliki sasaran pasar hingga masyarakat ekonomi menengah ke bawah dan remaja atau pelajar sekolah.

  1. Product
Dengan harga yang terjangkau kami tidak akan melupakan tentang kualitas produk yang akan kami pasarkan. Kami akan selalu menjaga alat produksi tetap bersih sehingga produk keripik nangka yang dihasilkan juga akan terhindar dari berbagai bakteri. kami juga akan memilih nangka dengan kualitas yang baik untuk kesempurnaan produk yang kami buat. Kami juga menjamin produk terbebas dari bahan pengawet atau bahan berbahaya lainnya. Kami juga akan mengutamakan rasa original dalam keripik nangka yang kami buat.

  1. Place
Memiliki produk yang berkualitas dengan harga yang murah akan sulit dijangkau oleh masyarakat jika kami memilih tempat usaha pembuatan atau pemasaran di tempat yang tidak strategis.
Oleh karena itu, agar usaha yang kami bangun dapat terus tumbuh maka kami akan membangun tempat pemasaran di tempat yang ramai misal dekat jalan raya, atau dekat dengan toko perbelanjaan. Namun, untuk saat ini kami masih akan membuat keripik nangka di rumah kami. Kami yakin usaha kami akan sukses sehingga kami bisa membuka toko atau tempat pembuatan di tempat yang strategis seperti yang telah disebutkan tadi.

  1. Promotion
Dalam segi promosi kami akan menggunakan beberapa cara promosi yang menurut kami cocok untuk usaha yang akan kami jalankan yaitu :
  1. Online
Karena kami belum membuka toko di tempat yang lebih strategis, maka kami menggunakan promosi online sebagai promosi utama kami. Kami akan menggunakan berbagai sosial media seperti Instagram dan Facebook untuk promosi online kami. Pelanggan juga bisa memesan melalui Instagram atau Facebook dan kami siap untuk mengirimnya ke tempat pelanggan.

  1. Pamflet
Promosi kedua yang akan kami gunakan adalah dengan memasang pamflet di tempat-tempat yang strategis seperti di pinggir jalan. Tentu saja, masyarakat akan meluangkan waktunya untuk membaca pamflet promosi kita.

    1. Persaingan dan Strategi Bersaing

  1. Strength
Usaha keripik nangka yang akan kami jalankan tentu saja akan memiliki kekuatan yang bagus dan tahan dalam berbagai keadaan ekonomi. Lihat saja, masyarakat sekarang cenderung lebih suka membeli makanan-makanan ringan, dan keripik nangka akan menjadi salah satu pilihannya.

  1. Weakness
Kelemahan usaha kami adalah buah nangka yang terkadang sulit di dapat dan membuat harganya mahal. Namun kami akan mencoba untuk mengatasi hal ini, karena kami memiliki sasaran pasar masyarakat kelas menengah kebawah.

  1. Opportunities
Kesempatan untuk mencoba daerah baru dalam pemasaran keripik nangka kami akan terbuka lebar mengingat keripik nangka masih jarang ditemui di daerah-daerah.

  1. Threat
Ancaman bukan menjadi momok yang menakutkan bagi kami. Ancaman yang mungkin terjadi adalah munculnya pengusaha lain yang menjajal peruntungan dalam usaha keripik nangka seperti kami. Namun, dengan hal-hal baru yang mungkin akan kami tawarkan dalam usaha keripik nangka kami seperti rasa yang berbeda akan tetap membuat usaha kami jauh diatas dari  yang lainnya. Namun kami juga akan memberikan kesempatan bagi mereka yang ingin mencoba usaha seperti kami (Win Win).


BAB IV
ASPEK MANAJEMEN
4.1 Kepemilikan
Dalam usaha yang kami rencanakan ini, dikelola oleh Agung Prasetyo Sapto Pamungkas dan Muhammad Khoirul Muna, dan kami telah sepakat utuk mendirikan usaha Keripik Nangka “ Nang Crunch “ ini.

4.2 Struktur Organisasi
                         

4.3 Tenaga Kerja
Untuk saat ini, kami belum memerlukan tenaga kerja karena untuk memulai usaha yang sedang kami rencanakan ini, kami masih bisa melakukan proses produksi dan pemasaran sendiri.









BAB V
ASPEK KEUANGAN
5.1 Prediksi Pendapatan
Harga Produk : @100gr = Rp 10.000,00
Dalam 1 hari dapat memproduksi sekitar 100 produk, jadi dalam sebulan hasil yang didapat dapat dihitung dengan : 100 produk x Rp 10.000,00 x 30 hari = Rp 30.000.000,00/bulan

5.2 Prediksi Biaya
Modal Awal
No
Nama
Biaya
1
MUI ( izin halal )
Rp    150.000,00
2
Pembuatan Merk
Rp    100.000,00
3
Kompor Gas
Rp    500.000,00
4
Alat Pemotong Nangka
Rp 1.500.000,00
5
Penjepit Plastik
Rp    500.000,00

Total Modal Awal
Rp 2.750.000,00

Peralatan
No
Nama
Kuantitas
Harga Satuan
Biaya
1
Pisau
5 buah
Rp      20.000,00
Rp      100.000,00
2
Baskom
10 buah
Rp      10.000,00
Rp      100.000,00
3
Keranjang
10 buah
Rp        5.000,00
Rp        50.000,00
4
Mesin Vacuum Frying
1 unit
Rp 9.800.000,00
Rp   9.800.000,00
5
Mesin Peniris Minyak
1 unit
Rp 1.500.000,00
Rp   1.500.000,00
Total Biaya
Rp 11.550.000,00

Bahan Baku
No
Nama
Kuantitas
Harga Satuan
Jumlah Harga
1
Buah Nangka
350 buah
Rp   15.000,00
Rp 5.250.000,00
2
Minyak Goreng
10 kg
Rp   20.000,00
Rp    200.000,00
3
Kapur Sirih
30 bungkus
Rp     5.000,00
Rp    150.000,00
4
Tepung Bumbu
35 bungkus
Rp   10.000,00
Rp    350.000,00
5
Pewarna Makanan
3 Ons
Rp     5.000,00
Rp      15.000,00
6
Kemasan Alumunium Foil
100 Gram x 3000 bungkus
Rp        600,00
Rp 1.800.000,00
Total Biaya
Rp 7.765.000,00



Beban Operasional
No
Nama
Biaya/bulan
Beban Administrasi Umum
1
Transportasi
Rp  400.000,00
2
Listrik
Rp  100.000,00
3
Air
Rp  250.000,00
4
Gas
Rp  100.000,00
Beban Penjualan
1
Iklan atau Promosi
Rp  100.000,00
Total Biaya
Rp  950.000,00


5.3 Prediksi Laba/Rugi
Penghasilan Usaha
Penjualan Kotor Rp 30.000.000,00
Potongan Penjualan Rp 300.000,00
Retur Penjualan Rp 100.000,00 +
Rp      400.000,00  –
Penjualan Bersih Rp 29.600.000,00
Harga Pokok Penjualan Rp 27.000.000,00  –
Laba Kotor Usaha Rp   2.600.000,00
Beban Usaha
Beban Administrasi Umum Rp 850.000,00
Beban Penjualan Rp 100.000,00 +
Total Beban Usaha Rp     950.000,00   –
Laba Bersih Usaha Rp  1.650.000,00
Penghasilan dan Beban Diluar Usaha
Penghasilan Rp 280.000,00
Beban Rp -
Rp     280.000,00   +
Pendapatan Bersih Sebelum Pajak Rp  1.930.000,00


DAFTAR PUSTAKA























Previous
Next Post »
Thanks for your comment