Uji Kompetensi BAB 3 PKN Kelas 12 Kurikulum 2013

Uji Kompetensi BAB 3 PKN Kelas 12 Kurikulum 2013

PPKN kelas 12

Hi guys! apa kabar para pembaca setia Agungpsp blog? semoga sehat-sehat semua ya. Sekarang pasti kamu lagi cari referensi buat jawab soal-soal Uji Kompetensi BAB 3 PKN Kelas 12 Kurikulum 2013 kan? gak usah khawatir, karena Agungpsp punya jawabannya. Ya udah langsung aja ya tanpa basa basi lagi.

1.      Dari berbagai macam teori tujuan negara yang sudah kalian pelajari, teori dari
siapa yang paling relevan dengan kondisi Negara Republik Indonesia? Berikan
alasannya!
Jawab :
Teori yang paling relevan dengan kondisi negara kita adalah teori welfare state/negara kesejahteraan. Menurut teori ini tujuan negara adalah mewujudkan kesejahteraan umum. Dalam hal ini negara dipandang sebagai alat untuk mencapai tujuan bersama, yaitu suatu tatanan masyarakat yang di dalamnya terdapat kebahagian, kemakmuran dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat negara tersebut. Hal tersebut dapat dilihat dari cita-cita dan tujuan
negara yang termaktub dalam alinea ke-2 dan ke-4 Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

2.      Apa saja yang dapat kamu lakukan untuk mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan Negara Republik Indonesia?
Jawab :
-          Belajar dengan giat
-          Menaati peraturan yang berlaku baik di lingkungan masyarakat, maupun sekolah.
-          Melaksanakan dan Mengamalkan pancasila
-          Aktif dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat seperti ekstrakulikuler
3.      Jelaskan perkembangan pengelolaan negara di tingkat pusat!
Jawab :
tuntutan perkembangan demokrasi, ekonomi, dan teknologi. Oleh karena itu, Undang-undang tersebut perlu diganti dengan undang-undang baru yang mengatur kembali ketentuan di bidang perbendaharaan negara, sesuai dengan tuntutan perkembangan demokrasi, ekonomi, dan teknologi modern. 

4.      Jelaskan pentingnya keberadaan pemerintahan daerah dalam proses penyelenggaraan pemerintahan di Republik Indonesia!
Jawab :
Wilayah Indonesia yang sangat luas terbentang dari Sabang hingga Merauke dengan jumlah penduduk yang melebihi 250 juta jiwa membuat pemerintah pusat kewalahan apabila mengontrol semuanya dari satu titik. Diharapkan dengan membagi wewenang dan tanggung jawab dengan pemerintah daerah, maka pembangunan di Indonesia akan lebih merata dan penyelenggaraan negara menjadi lebih baik.

5.      Jelaskan pembagian urusan pemerintah antara pemeritah pusat dengan pemerintah daerah di Negara Republik Indonesia!
Jawab :
Diundangkan nya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, maka Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dicabut dan dinyatakan tidak berlaku. (Pasal 409 UU No. 23 Tahun 2014) hal ini berdampak pada pembagian pengurusan pemerintahan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah termasuk bidang kehutanan.
Pemerintahan daerah diberi kewenangan untuk menjalankan seluruh urusan pemerintahan di daerah, kecuali beberapa kewenangan yang menjadi ranah pemerintah pusat yaitu kewenangan dalam:

1. Politik luar negeri
2. Pertahanan
3. Keamanan
4. Peradilan/yustisi,
5. Moneter dan Fiskal Nasional
6. Agama


Jawaban-jawaban diatas bisa kamu gunakan sebagai referensi ya, tapi ingat belum tentu benar ya. Semoga bermanfaat.

Referensi :



Previous
Next Post »
Thanks for your comment