Membumikan Gas Bumi Untuk Hidup yang Lebih Baik

Membumikan Gas Bumi

Apa hal yang paling penting dalam kehidupan?
Bagaimana dengan energi? Apakah penting?
Tentu saja energi penting sebagai penopang kehidupan manusia. Namun, dari manakah energi berasal?

Energi berasal dari banyak hal seperti panas bumi, bahan bakar fosil hingga sinar matahari yang juga dapat kita manfaatkan.

Kali ini Aku akan membahas tentang salah satu energi terbarukan yaitu gas bumi. Apakah kamu sudah tahu apa  itu gas bumi? Jika belum yuk simak artikel ini.

“Gas alam sering juga disebut sebagai gas Bumi atau gas rawa, adalah bahan bakar fosil berbentuk gas yang terutama terdiri dari metana (CH4). Ia dapat ditemukan di ladang minyak, ladang gas Bumi dan juga tambang batu bara. “
( Wikipedia)

Terdapat beberapa komponen penyusun gas alam. Komponen utamanya adalah metana (CH4)). Selain itu juga terdapat molekul-molekul hidrokarbon seperti etana (C2H6), propana (C3H8), dan butana (C4H10).

Cadangan gas alam di dunia juga masih tersedia sangat banyak dengan total 6.112 triliun kaki kubik. Sehingga gak usah khawatir kehabisan gas, karena masih banyak. Sementara itu Indonesia berada di urutan ke-11 sebagai negara dengan cadangan gas terbesar. Salah satu ladang gas terbesar di dunia juga ada di Indonesia lho.

Sekarang sudah tahukan apa itu gas bumi. Jadi gas bumi adalah bahan bakar fosil yang terdiri dari metana atau CH4.  

Setelah tahu pengertian gas bumi sekarang, Apa sih manfaat dari gas bumi? Penasarankan, yuk langsung aku kasih tahu.

Gas bumi mempunyai segudang manfaat yang perlu kamu ketahui, antara lain sebagai berikut :
  1. Gas alam dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar pembangkit listrik tenaga gas, bahan bakar industri, bahan bakar kendaraan bermotor dan juga sebagai pendingin udara seperti yang sudah diterapkan si bandara Bangkok, Thailand.
  2. Gas alam dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pabrik pupuk (di Aceh terdapat PT Pupuk Iskandar Muda yang memroduksi pupuk urea dengan bahan baku gas), petrokimia, plastik, hingga pemadam ringan.
  3. Gas alam juga sebagai komoditi untuk ekspor, yaitu Liquefied Natural Gas (LNG). Gas alam telah diproduksi sejak tahun 1979 dan diekspor ke Jepang dan Korea Selatan


Lalu, apakah gas alam berbahaya?

Semua bahan bakar pastinya berahaya, karena mudah terbakar. Tak terkecuali gas bumi, namun jika digunakan dalam hal sewajarnya dan sesuai aturan pastinya tidak akan merugikan kita, justru kita akan diuntungkan.

Sementara itu distribusi dan transmisi gas bumi dilakukan oleh PT Perusahaan Gas Negara (Persero) yang merupakan BUMN. PGN mengoperasikan jalur pipa  distribusi gas sepanjang lebih dari 3.750 km, menyuplai gas bumi ke pembangkit listrik, industri, restoran/hotel dll.

Bagaimana? Sudah tidak ragu lagikan kamu untuk memilih gas, karena memiliki segudang manfaat dan pastinya aman.

Sekian postingan kali ini, dan sampai jumpa.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment