Balkondes Sakapitu Tegal Arum : Sore Hari yang Syahdu

Balkondes Sakapitu Tegal Arum : Sore Hari yang Syahdu

Balkondes Sakapitu Tegal Arum


Pemerintah kini terlihat sangat serius dalam memajukan pariwisata Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya Balkondes yang dibangun di kawasan sekitar Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Salah satunya yang baru-baru ini telah diresmikan adalah Balkondes Sakapitu di Desa Tegal Arum, Borobudur.

Pembangunan Balkondes di kawasan wisata seperti Borobudur dimana semua desa di kecamatan tersebut merupakan desa wisata bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara. Sejumlah 2 juta wisatawan mancanegara ditargetkan untuk berkunjung di kawasan Borobudur.

Sebelum kita melanjutkan lebih baik kita mengenal terlebih dahulu

Apa itu Balkondes?
Balkondes adalah program yang dibuat oleh BUMN untuk meningkatkan perekonomian desa. Salah satu bentuknya adalah homestay seperti Balkondes Sakapitu ini.

Dimana lokasi Balkondes Sakapitu?
Balkondes Sakapitu tidaklah jauh dari kompleks Taman Wisata Candi Borobudur yaitu berada di Desa Tegalarum, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Tidak lebih dari 3 km dari Candi menuju arah Kecamatan Salaman. Desa Tegal Arum memang salah satu desa terluar di Borobudur yang langsung berbatasan dengan Salaman.

Makna Filosofi Balkondes Sakapitu

Filosofi Balkondes Sakapitu Tegal Arum


Ternyata Balkondes ini juga memiliki filosofi tersendiri dalam adat Jawa yaitu :
“Saka” yang merupakan Bahasa Jawa berati Tiang yang melambangkan pendirian teguh masyarakat Jawa dalam menjalani kehidupan.
“Pitu” memiliki arti Tujuh yang bermakna tujuh tuntunan dan nasehat bagi masyarakat Jawa. Ketujuh nasehat itu adalah (Pitutur, Pituwas, Pituhu, Pituduh, Pitungan, Pituna, Pitulung). Dimana ketujuh filosofi itu memiliki makna tersendiri.

Balkondes Sakapitu sendiri merupakan balkondes ke-18 yang terealisasi. Terdapat 17 kamar yang berkapasitas 34 orang serta fasilitas yang lengkap termasuk WiFi. Harga untuk menginap di Balkondes ini tidaklah terlalu mahal hanya kisaran IDR 500.000 saja maka kamu sudah bisa menikmati suasana desa yang asri dengan pemandangan sawah.

Tak hanya itu, terdapat juga restaurant dengan arsitektur adat jawa yang penuh ukiran membuat makan di tempat ini menjadi nyaman. Sementara itu, pemandangan sawah dengan angin yang cukup kencang membuat selera makan bertambah.

Menikmati Sore Hari di Balkondes Sakapitu

Balkondes Sakapitu Tegal Arum


Sore itu aku dan temanku memilih untuk menghabiskan waktu libur di hari sabtu untuk mengunjungi tempat yang akhir-akhir ini sedang menjadi hits di kalangan masyarakat Magelang. Tempat itu bernama Balkondes Sakapitu. 

Kami berangkat sekita pukul 14.30 WIB dari rumah. Kami memang sengaja memilih sore hari agar tidak panas karena akhir-akhir ini cuaca memang sedang panas. Kami sampai sekitar pukul 15.00 WIB.

Kami disambut dengan bangunan yang memiliki arsitektur unik menyerupai resort. Oleh karena itu, Balkondes Sakapitu langsung menjadi spot foto yang instagramable. Arsitekturnya khas daerah tropis dengan bentuk bangunan segitiga dan genting berwarna hijau.

Benar saja, udara di sore hari memanglah tidak panas. Membuat kami semakin betah berlama-lama di tempat ini. Cuaca yang agak mendung ditambah angin yang tidak terlalu kencang menjadikan suasana nyaman dan tenang. Walaupun kala itu, banyak pengunjung sehingga untuk berfoto perlu bergantian.

Agungpsp


Kami-pun berfoto dengan latar belakang bangunan unik tersebut. Alhasil foto menjadi instagramable dan sangat ciamik. Menurutku tempat ini juga cocok untuk dijadikan foto prewedding.

Berapa Biaya untuk Masuk ke Balkondes Sakapitu?
Untuk memasuki kawasan ini, kamu tidaklah dipungut biaya melainkan tiket parkir yaitu IDR 2.000 untuk sepeda motor. Tentu saja tempat ini cocok buat ngisi liburan tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung
Waktu terbaik yang aku sarankan adalah pagi hari sebelum pukul 10.00 WIB dan sore hari setelah pukul 15.00 WIB. Hal itu untuk menghindari cuaca atau terik matahari yang panas di siang hari.

Baca Juga :

Itulah sedikit pembahasan mengenai tempat yang instagramable yaitu Balkondes Sakapitu. Jangan lupa untuk share artikel ini ya. Berikanlah komentar kamu atau pendapat kamu tentang tempat ini di bawah ya.

Jangan lupa untuk follow instagram @agungpsp.id

Sekian postingan kali ini, terima kasih dan sampai jumpa...
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
dewikris
admin
8 November 2018 at 08:14 ×

Bagus
🤗

Congrats bro dewikris you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment