Cara Membuat Blog di Blogger

Cara Membuat Blog di Blogger

Cara membuat blog gratis



Akhir-akhir ini banyak bermunculan blogger pemula. Banyak dari mereka memulai dunia blogging karena terinspirasi dari mastah-mastah blogger yang telah sukses dan mendapatkan banyak penghasilan.

Namun, masih banyak juga yang bertanya-tanya apa itu blog dan bagaimana membuat sebuah blog dengan mudah, gratis, dan menghasilkan uang. Perlu aku tekankan disini, bahwa janganlah membuat blog hanya untuk sekedar mencari uang saja.karena untuk menghasilkan uang dari blog diperlukan kerja keras dan blog sudah memiliki banyak pengunjung. Jadi menghasilkan uang dari blog tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Sebeleum kita masuk ke Cara Membuat Blog, mari kita kenal terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan blog.

Pengertian Blog

Blog adalah website yang dikerjakan oleh perorangan atau kelompok kecil dan diupdate secara berkala. Isi postingan bisa membahas apa saja, karena blog merupakan jurnal pribadi yang ditulis dengan bahasa informal. Postingan terbaru biasanya berada di paling atas di halaman beranda.

Manfaat Blog

Banyak sekali manfaat yang didapat jika kamu memiliki blog. Berdasarkan pengalaman pribadi, berikut adalah beberapa manfaat memiliki blog yang aku dapat :

1. Menambah wawasan
Dengan menulis artikel di blog, tentu saja kita ditantang untuk menambah ilmu pengetahuan kita dengan membaca. Sebelum menulis, aku biasanya akan membaca berbagai sumber informasi seperti buku maupun internet. Hal ini berguna agar tulisan yang kita posting bisa bermanfaat dan menjawab pertanyaan pengunjung kita.

2. Dikenal banyak orang
Sudah pasti jika kita memiliki blog yang ramai pengunjung akan berdampak pada diri kita sebagai penulis akan dikenal banyak orang. Hal ini menjadi nilai plus jika kamu mau menerbitkan buku atau tulisan yang berkaitan dengan dunia blogging.

3. Mendapatkan penghasilan tambahan
Mungkin beberapa dari kamu termotivasi untuk menjadi blogger karena banyak blogger yang sukses dan berpenghasilan hingga puluhan juta tiap bulan. Hal ini tidak salah, namun untuk mendapatkan penghasilan sebanyak itu diperlukan ketekunan dan kerja keras.  Insyaallah jika kamu memang tekun, blog akan membawa berkah dan rezeki sehingga bisa menjadi penghasilan tambahan.

Cara Membuat Blog Gratis

Banyak vendor blogging yang menyediakan layanan membuat blog secara gratis seperti Wordpress dan Blogger. Namun pada kesempatan kali ini, aku hanya akan menjelaskan bagaimana cara membuat blog gratis atau blog pribadi dengan blogger.

Blogger adalah suatu layanan pembuatan blog gratis yang dimiliki oleh Google dan dikembangkan oleh Pyra Labs yang diluncurkan pada tanggal 23 Agustus 1999.

Alasan Kenapa Memilih Blogger.com

1. Gratis
Blogger menjadi vendor paling terkenal dalam pembuatan blog gratis.
2. Mudah
Tak perlu repot dan tak perlu mengetahui seluk beluk kode HTML
3. Cepat
Hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 menit saja (Internet cepat) maka blog kamu sudah bisa diterbitkan dan mulailah menulis.
4. Pemiliknya Google
Dengan membuat sebuah blog yang dimiliki oleh mesin pencarian raksasa yaitu Google, sudah pasti kesempatan untuk tampil di halaman pertama Google lebih terbuka.

Cara Membuat Blog Pribadi

1. Untuk membuat akun blogger, hal pertama yang harus kamu miliki adalah mempunyai email dari Google atau yang lebih dikenal dengan Gmail.

2. Kemudian tentukan niche dari blog yang akan kamu buat misalnya niche kesehatan, teknologi,memasak atau otomotif. Saya sarankan untuk menggunakkan satu niche saja agar ketika sudah tersambung dengan Google Adsense iklan akan lebih tertaget.

3. Jika sudah maka kunjungi www.blogger.com
Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah, lalu langsung saja klik “CREATE YOUR BLOG”

Cara Membuat Blog di Blogger


4. Kamu akan diminta untuk log in ke akun Google kamu.




5. Setelah itu, kamu akan diarahkan untuk membuat judul blog dan alamatnya. 

Cara Membuat Blog Pribadi


1 Buatlah judul sesuai dengan  niche yang kamu pilih misal teknologi, memasak atau kesehatan.       
2 Sesuaikan juga alamat blog dengan niche. Misal jika menggunakan niche teknologi maka kamu bisa memakai teknologinow.blogspot.com
Jika pada tab alamat blog setelah kamu mengisikan alamat justru muncul alamat blog tidak tersedia, berati alamat tersebut sudah dipakai. Maka carilah yang belum dipakai.
3 Tentukan tema yang kamu inginkan, ini juga saya sarankan untuk memakai tema sesuai niche.

6. "Buat blog!" Jika kamu sudah menyelesaikan langkah di atas.
7. Jika muncul Google Domains, saya sarankan untuk lain kali saja. Namun jika kamu memang sudah berniat untuk membeli domain, ya boleh saja.



8. Kamu sudah berhasil membuat blog. 



9. Langkah selanjutnya adalah menulis artikel, pilih “Entri baru”.



1 isikan judul postingan kamu.
2 mulailah menulis isi artikel. Tulislah isi artikel sesuai dengan judul. Misal jika judulnya “10 HP Android Termurah di Bawah 1jt” maka isinya juga harus membahas “10 HP Android Termurah di Bawah 1 jt” agar pengunjung tidak menyesal ketika sudah berkunjung. Buatlah isi yang informative dan lengkap.
3 Label merupakan kategori dari setiap postingan blog. Misal dari judul “10 HP Android Termurah di Bawah 1jt” kamu bisa memasukkannya ke kategori “Android Murah”.
4 kamu bisa mengatur jenis font, ukuran font, heading, numbering, dan lainnya agar postingan lebih enak untuk dibaca.

10. Setelah selesai menulis artikel, maka langsung klik “Publikasikan” jika memang tulisan sudah matang, namun jika belum bisa disimpan terlebih dahulu agar bisa diedit-edit lagi sebelum dipublikasikan.

11. Selanjutnya mari kita lihat blog yang telah kita buat dengan mengunjunginya. Nah seperti inilah tampilan blognya. Kamu bisa menyesuaikan tema dan menambahkan beberapa widget agar semakin cantik sehingga pengunjung bisa berlama-lama di blog.



Seperti itulah Cara Membuat Blog di Blogger, yang pastinya sangat mudah. Ayo buruan buat dan mulailah membagikan apa yang kamu suka kepada dunia dan hasilkan uang.

Baca Juga :


Sekian postingan pada kesempatan kali ini, terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment