Candi Mendut : Sore Menjelang Malam

Candi Mendut : Sore Menjelang Malam


Candi Mendut


Candi Mendut adalah candi bercorak Budha yang terletak di Magelang Jawa Tengah. Candi Mendut dibangun pada tahun 824 Masehi berdasarkan Prasasti Karangtengah. Candi ini dibangun pada masa dinasti Syailendra.

Dimana Letak Candi Mendut?
Candi Mendut terletak di Jalan Mayor Kusen, Kota Mungkid, Kabupaten Magelang atau sekitar 3 km dari Candi Budha terbesar di dunia yaitu Candi Borobudur. Lokasinya berada pada garis lurus 3 candi yaitu Borobudur, Mendut, dan Pawon. Lokasi candi, tepat berada di seberang jalan sehingga candi mudah terlihat tanpa harus memasuki kawasan wisata.

Sejarah singkat
Candi Mendut dibangun oleh raja pertama dari wangsa Syailendra pada tahun 824 M. Hal tersebut didasari dengan penemuan prasasti Karangtengah, yang menyatakan bahwa Raja Indra telah membuat bangunan suci bernama Wenuwana atau yang berarti hutan bambu. Sementara itu, candi ini pertama kali ditemukan pada tahun 1836 oleh pihak Hindia Belanda dan dilakukan pemugaran candi yang memiliki tinggi 26,40 m ini.

Tampak Belakang Candi Mendut


Dari sekian banyak bangunan peninggalan sejarah masa kerajaan Budha di Magelang, kebanyakan pelancong hanya tahu Candi Borobudur. Namun, Candi Mendut juga wajib kamu ketahui karena menyimpan banyak sekali sejarah. Lokasinya juga tidak jauh dari Borobudur. Jadi jangan lupa juga buat kesini setelah dari Borobudur.

Berapa Harga Tiket Candi Mendut?
Berbeda jauh dari Candi Borobudur yang memiliki harga tiket mahal, kamu hanya perlu membeli tiket dengan harga IDR 3.500 saja untuk masuk ke Candi Mendut. Berbeda juga dengan Candi Borobudur yang tidak bisa kita masuki, Candi Mendut memiliki pintu sehingga kita bisa masuk ke dalam dan melihat patung budha yang cukup besar.

Kamu juga tidak perlu membayar biaya parkir, karena saat aku kesana tidak ada biaya parkir yang ditagih. Jadi Candi Mendut cocok jadi bucket list liburan murah kamu.

Baca Juga :

Sore Menjelang Malam di Candi Mendut



Waktu sudah menunjukan pukul 16.30 WIB ketika aku dan temanku masuk ke kawasan wisata candi ini. Ternyata gerbang belum ditutup dan petugas juga masih melayani pembelian tiket. Sore itu, pengunjung tidak terlalu ramai. Hanya terlihat beberapa orang lokal dan orang asing dengan bahasa negara eropa yang tidak aku ketahui.

Kami takjub akan keindahan bangunan candi yang megah. Walaupun atap tempat agama budha ini belum ditemukan, tapi keagungan dan keindahan sudah terlihat jelas. Aku langsung membayangkan seperti apa nenek moyang kita yang telah membangun bangunan-bangunan megah seperti ini. Pastinya sulit sekali, karena kebanyakan bangunan masa Hindu Budha dibuat dari batu vulkanik yang diukir.



Suasana sejuk sore hari menambah kenikmatan mata memandang bangunan besar ini. Kami menuju ke papan informasi candi dan membaca artikel tentang sejarah candi di sana. Di belakang candi terlihat reruntuhan bangunan candi yang mungkin banyak bagian yang belum ditemukan. Beberapa anak kecil sedang bermain bola di lapangan rumput belakang candi. Mereka terlihat senang. Sementara turis-turis sedang melihat kemegahan bangunan kuno ini.

patung candi mendut


Tempat yang sepi, membuat kami leluasa untuk berfoto dengan latar belakang candi. Kami memasuki ruangan dengan 3 patung raksasa yang berdiri kokoh. Terlihat jelas kehebatan nenek moyang kita. Relief-relief yang menggambarkan suatu kisah membuatku semakin mencintai peninggalan sejarah. Sudah sepantasnya kita generasi muda ikut menjaga dan melestarikan peninggalan sejarah seperti ini.

Waktu sudah menjelang maghrib, kami memutuskan untuk kembali. Namun saat keluar dari gerbang, kami melihat vihara budha. Kami memutuskan untuk melihat isi dari tempat itu. Terdapat berbagai patung yang sangat indah. Suasana yang tengah membuat hati merasa nyaman.

Hotel Didekat Candi Mendut
Terdapat beberapa referensi hotel untuk kamu yang berencana berwisata di kawasan Candi Mendut maupun Borobudur.
Plataran Borobudur Resort & Spa *****
Plataran Heritage Borobudur Hotel ****
Sarasvati Borobudur ***
Shankara Borobudur ***
Rumah Boedi Private Residence Borobudur ***

Terdapat juga berbagai homestay dan guest house di balkondes dengan harga lebih terjangkau yang tersebar di kawasan Borobudur.

Baca Juga :
Balkondes Sakapitu : Sore Hari yang Syahdu


Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi wisata kamu.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment