Cara Membuat Text Box di Blog

Cara Membuat Text Box di Blog

Cara Membuat Text Box di Blog

Apa kabar sahabat Agungpsp? Pada pertemuan kali ini aku mau kasih tahu Cara Membuat Text Box atau kotak tulisan di postingan blogspot kamu. Walaupun sudah banyak yang membagikan cara ini, tapi kali ini aku berusaha untuk membuat tutorial Cara Membuat Text Box di Blog yang lebih mudah dipahami. Cara ini cocok untuk diterapkan bagi yang suka membuat tutorial-tutorial blogging dan menempelkan kode baik HTML maupun Javascript di postingan, hal ini dilakukan agar teks biasa bisa dibedakan dengan teks kode.

Sebelum ke Cara membuat text box mending kita kenal dulu apa itu text box.
Text box sendiri berarti kotak teks yang ada di postingan suatu artikel blogspot yang dibuat dengan kode HTML dimana kotak tersebut berisi text yang bisa disalin dan diedit, text tersebut biasanya berupa kode HTML atau Javascript.

Bagaimana Cara Membuat Kotak Teks di Blog?
Sebenarnya langkah yang dilakukan tidaklah sulit melainkan mudah. Karena kamu tinggal menuju ke entri baru atau buat postingan di blog kamu. Saat akan menempelkan kode text boxnya kamu perlu perhatikan, dari menu compose pindah ke menu HTML. Lalu untuk memasukkan text box atau text area ini kamu hanya perlu menempelkan kode berikut :

<textarea rows="4" cols="10">
Tulisan di dalam box
</textarea>

Maka hasilnya akan seperti ini :


Kamu bisa mengatur rows dan cols sesuai keinginan kamu sendiri.
Jika masih belum paham, coba perhatikan gambar-gambar tentang Cara Membuat Kotak Teks di Blog berikut ini :


Cara Membuat Kotak Teks di Blog
Membuat postingan baru

Cara Membuat Kotak Kode HTML
Menempelkan kode HTML

Cara Membuat Kotak Kode HTML
Hasil


Ada juga kode-kode text box lain yang bisa kamu gunakan.
Kode untuk text box yang hanya bisa dibaca dan tidak bisa dicopy atau disalin :

<textarea rows="5" cols="20" name="Jangan dicopy" readonly="readonly">
Jangan dicopy
 </textarea>

Hasilnya akan seperti pada penampakan berikut :

Kode Text Box dengan tombol pilih semua

<div><form name="copy"><div align="center"><input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.select();" type="button" value="Pilih Semua"> </div><div align="center"></div><p align="center"><textarea style="WIDTH: 400px; HEIGHT: 80px" name="txt" rows="100" wrap="VIRTUAL" cols="55">Yang suka ngasih kode semoga yang dikodein peka :V</textarea></p></div></form>

Hasilnya seperti ini :

Ini cara yang sering aku pakai

<textarea cols="30" name="code" rows="6" style="height: 101px; margin: 0px; width: 429px;">
Agungpsp
</textarea>

Hasilnya :


Itu dia beberapa Cara Membuat Kotak Kode HTML di Postingan blogspot. Aku sudah mencobanya di Blogspot dan 100% work tapi aku tidak tahu kalau platform yang lain apakah juga bisa bekerja di Wordpress atau tidak. Kalau yang tahu bisa komen di bawah.

Baca Juga :
Terima kasih sudah bantuin sehingga artikel ini dapat terwujud.
http://faqih2blogs.blogspot.com/2013/08/cara-memasang-text-box-pada-posting-blog.html
http://tutorialbikinblog.blogspot.com/2009/01/membuat-text-box-area.html

Bagaimana sahabat,  mudahkan? Kamu tinggal pilih mau pakai cara yang mana. Menurut kamu dari beberapa cara di atas, kode mana yang bakal kamu pakai?

Mau udahan tapi kok artikel ini masih sedikit ya, bingung jadi mau nulis apalagi. Lah tapi mau gimana lagi, emang udah selesai postingan tentang cara membuat text box atau kotak teks ini wkwk. Ya udahlah langsung pamitan aja.

Sekian postingan tentang Cara Membuat Text Box di Blogspot pada kesempatan kali ini. Semoga postingan ini bisa membantu sahabat Agungpsp dalam dunia blogging. Jangan lupa ya untuk cek artikel-artikel lainnya tentang dunia blogging di Agungpsp.

Terima kasih dan sampai jumpa...
Previous
Next Post »
Thanks for your comment