Tugas Mandiri 1.2 Buku Paket PKN Kelas 11 Kurikulum 2013

Tugas Mandiri 1.2 Buku Paket PKN Kelas 11 Kurikulum 2013
Faktor-faktor penyebab pelanggaran HAM
A.    Faktor Internal
No.
Faktor Penyebab Pelanggaran HAM
Penjelasan
1.
Krisis moral
Dapat melumpuhkan segala aspek kehidupan masyarakat dan bernegara. Dapat disebabkan karena kurangnya penerapan ideologi Pancasila.
2.
Kurang dan tipisnya rasa tanggung jawab
Akibatnya orang dengan mudah menyalahgunakan kekuasaan, meremehkan tugas dan tidak mau memperhatikan hak lain.
3.
Perbedaan intelegensi
Berpengaruh dalam daya srap terhadap berbagai norma yang ada. Orang yang intelegensinya tinggi tidak kesulitan dalam bergaul dan belajar serta sebaliknya. Akibatnya terjadi penyimpangan dan pelanggaran HAM.
4.
Umur
Umur mempengaruhi pembentukan sikap dan pola tingkah laku seseorang. Biasanya orang dewasa lebih mampu mengendalikan emosi dibandingkan anak-anak.
5.
Masih belum adanya kesepahaman
Masih belum ada kesepahaman pada tatanan konsep HAM antara paham HAM universal dan paham HAM partikularisme (setiap bangsa memiliki HAM yang berbeda).
B.     Faktor Eksternal
No.
Faktor Penyebab Pelanggaran HAM
Penjelasan
1.
Kurang berfungsinya lembaga penegak HAM
Lembaga-lembaga penegak HAM yang tidak berfungsi dengan baik akan menimbulkan pelanggaran HAM. Penegak hukum yang tidak adil akan membuat masyarakat bertindak sewenang-wenang.
2.
Tindakan yang sewenang-wenang
Setiap elemen dalam masyarakat yang memiliki kekuasaan cenderung menyalahgunakan kekuasaan tersebut. Kekuasaan yang mereka miliki seharusnya dibatasi agar tidak bertindak sewenang-wenang dan melanggar HAM orang lain.
3.
Masih kuatnya budaya feodal dan paternalistik dalam masyarakat
Budaya feodal maupun paternalistik pada gilirannya akan memunculkan praktek-praktek penyalahgunaan kekuasaan yang berakibat pelanggaran HAM.
4.
Kesenjangan sosial yang tinggi
Orang kaya tentu memiliki kekuasaan yang besar sedangkan orang miskin menjadi tidak berdaya. Hal itu tentu memicu pelanggaran HAM.
5.
Pergaulan
Dari teman bergaul seseorang akan menerima norma yang ada atau yang berlaku pada masyarakat.

    Ok teman-teman itulah postingan pada kesempatan kali ini. Jika ada masalah silahkan diinfokan di komentar. Oh ya, jawaban di atas hanyalah sebagai referensi saja, belum tentu benar juga ya. Semoga membantu.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment